Bulletin Himahisya 2020 “Kurangi Kantong Plastik Di Idul Adha


Oleh Fatimah Aulia Firdaus

CO Departemen Media dan Informasi (Menfo)

    Hari raya idul adha, umat muslim melaksanakan ibadah qurban dan berbagi antara sesama, dengan adanya potensi timbulan sampah plastik karena masyarakat indonesia dengan budaya da kebiasaannya membagikan daging qur’ban dengan menggunakan sampah plastik, pemerintah sekarang juga menghimbau agar masyarakat lebih mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai saat membagikan daging qurban, selain merusak lingkungan kantong plastik juga tidak baik bagi kesehatan manusia.

     Tempat qurban bisa menghasilkan 900 kantong plastik bahkan bisa lebih dari itu, jika se-indonesia menggunakan kantong plastik bisa menghasilkan beribu-ribu bahkan lebih dari itu kantong plastik yang bisa merusak lingkungan dan kesehatan manusia. Dan akan lebih berkah apabila menggantinya dengan wadah alternatif. Wadah yang bisa digunakan berupa :

1.      Daun Pisang / Daun Jati

Daun pisang / daun jati ini mudah terurai jika sudah digunakan, tidak seperti plastik yang dapat terurai di tanah 1000 tahun lamanya, karena plastik merupakan sampah yang paling lama terurai.

2.      Besek bambu

Besek bambu ini bisa digunakan kembali sebagai wadah, dan manfaat lain nya besek bambu ini juga membuat makanan tidak cepat basi dan lebih ramah lingkungan, dan besek bambu ini tidak berbahaya jika dibuang karena sudah tidak terpakai. Karena besek bambu ini merupakan bahan yang eco-friendly karena dapat hancur dan terurai oleh mikroorganisme.

Itu wadah alternatif yang bisa kita gunakan untuk mengurangi sampah plastik yang tidak ramah lingkungan dan tidak baik bagi kesehatan manusia. Mari kurangi sampah plastik dari sekarang, kita bisa melakukan karena terbiasa. Selamat hari raya idul adha untuk semua yang merayakan...

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketua Umum HIMAHISYA

Popular Posts

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Recent Posts