Sejarah Berdirinya HIMAHISYA


Himahisya (Himpunan Mahasiswa Hukum Bisnis Syari’ah) adalah himpunan mahasiswa prodi Hukum Bisnis Syari’ah yang berdiri pada tanggal 20 desember 2010. Periode 2011-2012 adalah tahun masa bakti pertama Himahisya (Himpunan Mahasiswa Hukum Bisnis Syari’ah). Sejak dibukanya program studi Hukum Bisnis Syari’ah yang memberikan ruang bagi para peminat ilmu Hukum Bisnis Syari’ah untuk mengetahui, mempelajari ilmu Hukum Bisnis Syari’ah maka mahasiswa jurusan Hukum Bisnis Syari’ah mempertimbangkan akan perlu adanya sebuah wadah yang mampu mengapresiasi segala bentuk apresiasi dan aspirasi mahasiswa jurusan Hukum Bisnis Syari’ah. Dengan semangat keinginan untuk maju mahasiwa Hukum Bisnis Syari’ah dalam dunia akademik maupun organisasi, maka akhirnya lahirlah Himpunan Mahasiswa Prodi Hukum Bisnis Syari’ah yang bernama HIMAHISYA . Kesuksesan berdirinya sebuah wadah tersebut tidaklah dipengaruhi oleh segelintir orang , namun segenap mahasiswa Hukum Bisnis Syari’ah yang mempengaruhi berdirinya sebuah wadah tersebut yang kemudian di serahkan kepengurusannya kepada sebagian mahasiswa yang dianggap mampu serta professional untuk membawa Hukum Bisnis Syari’ah menjadi dikenal, dipandang, dan kemudian dipertimbangkan akan keberadaannya dibawah naungan Universitas Trunojoyo Madura khususnya dan pada umumnya di bawah naungan DIKTI, karena Prodi Hukum Bisnis Syariah satu-satunya yang berada didalam Perguruan Tinggi Negeri Umum dibawah naungan DIKTI.


LATAR BELAKANG SEJARAH
Himahisya (Himpunan Mahasiswa Hukum Bisnis Syari’ah) merupakan sebuah himpunan mahasiswa prodi hukum bisnis syari’ah yang berdiri atas dasar keinginan adanya wadah yang dapat menampung aspirasi dalam lingkup prodi. Tuntutan pemenuhan kebutuhan wadah tersebut membuat seluruh mahasiswa program study Hukum Bisnis Syariah melakukan sebuah musyawarah bagaimana terbentuknya dan terwujudnya keinginaan tersebut. Komitmen dalam kebutuhan tersebut dituangkan dengan dilaksanakannya sebuah pemilihan pengurus himpunan mahasiswa program studi hukum bisnis syari’ah melalui Musyawarah Mahasiswa (MUSWA). Sudah kita ketahui bersama bahwa Fakultas Ilmu Agama yang terbilang muda diantara fakultas lain yang berada dibawah naungan Universitas Trunojoyo Madura (UTM) juga merupakan sebuah alasan bersama mahasiswa Prodi Hukum Bisnis Syari’ah  membentuk sebuah himpunan guna turut andil dalam program studi Hukum Bisnis Syari’ah serta turut menjadikan Fakultas Ilmu Agama menjadi terdepan.
Disamping itu masalah pembagian dana kemahasiswaan di tiap-tiap fakultas merupakan latar belakang utama dibentuknya HIMAHISYA di Prodi Hukum Bisnis Syari’ah. Sesuai dengan yang disampaikan oleh ketua prodi Hukum Bisnis Syariah bahwasannya pembagian dana kemahasiswaan dari universitas didasarkan pada jumlah organisasi di fakultas, semakin banyak organisasi di fakultas maka semakin besar pula jumlah dana kemahasiswaan yang diperoleh.
Himpunan mahasiswa prodi hukum bisnis syari’ah (HIMAHISYA) yang berdiri sejak 22 desember 2010 dan kemudian disahkan pada tanggal 22 desember 2010 bersamaan diterimanya SK oleh Ketua Umum HIMAHISYA pertama, Sumar Rohman dan Hafid sebagai Wakil Ketua Umum adalah organisasi pertama yang secara de yure dan de facto dapat dipertanggung jawabkan.
Himahisya sendiri mempunyai beberapa Departemen yang mempunyai job discription berbeda-beda. Departemen-departemen tersebut salah satunya adalah (Dept. Pengembangan Organisasi, Dept. Kesejahteraan mahasiswa, Dept. Keilmuan & Riset, Dept. Pengabdian masyarakat, Dept. minat dan bakat dan Dept. Humas).
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketua Umum HIMAHISYA

Popular Posts

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Recent Posts