Bulletin HIMAHISYA 2019 edisi Kemerdekaan RI Ke-74


Oleh Diana Rochmawati
Staf Dept.Keilmuan

Sejarah kemerdekaan indonesia

Bangsa Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan sejarah akan penjajahan dari negara asing yang sudah lama terjadi sebelum Indonesia merdeka. Sehingga penjajahan dari sejarah ini juga dapat dijadikan sebagai bahan ilmu pengetahuan bagi para pemuda pemudi Indonesia. Dalam sejarah konon Indonesia ini banyak sekali beberapa hal yang terjadi seperti adanya berbagai tragedi di berbagai tempat sampai pada perjuangan bangsa Indonesia itu sendiri dalam merebut kemerdekaan mereka dan dapat memberikan kebaikan pada generasi penerus agar tidak selalu merasa di awasi dalam setiap kegiatan yang dilakukan.
Kemerdekaan Indonesia dikenal dengan berbagai tragedi yang didalamnya banyak berisi berjuangan para pahlawan Indonesia, sehingga makna dari kemerdekaan Indonesia itu sendiri sangat penting bagi masyarakat Indonesia karena banyak para pejuang yang telah mengorbankan nyawanya dengan ikut berperang dan berjuang para penjajah sampai titik darah penghabisan.
Setidaknya dalam kisaran kurun waktu tahun 1945-1955 bangsa Indonesia mencapai puncak perjuangan dalam memberikan kemerdekaan Indonesia. Diawali dengan penjajahan oleh bangsa portugis yang berhasil menjajah bangsa Indonesia pada saat itu, sehingga memancing negara lain yang ingin menjajah Indonesia juga hanya demi untuk mendapatkan keuntungan semata. Dan kemudian belandapun mulai masuk ke Indonesia untuk mengambil rempah-rempah yang melimpah dan sangat banyak tumbuh di tanah air Indonesia ini. 
Kemudian selanjutnya datanglah Jepang ke Indonesia dengan mengantikan Belanda pada saat itu, dan Belandapun menyerah tanpa syarat kepada pihak Jepang. Dan pada awal mulanya bangsa Jepang yang mendapat sambutan baik dari bangsa Indonesia pada saat itu akhirnya terkuak bahwa sama halnya dengan Belanda, tujuan Jepang masuk ke Indonesiapun adalah untuk menguasai Indonesia pada saat itu
Dan dari sejarah diatas Indonesia telah melakukan berbagai usaha untuk melawan pihak penjajah sampai titik darah penghabisan mereka. Dan hingga pada saat inilah kemerdekaan Indonesia masih bisa kita rasakan bersama-sama, dan kita harus membalas semua saja pahlawan dengan memberikan banyak perubahan untuk menjadikan Indonesia kita menjadi lebih baik kedepannya dan menuju kesejahteraan masyarakat bersama.
Tanpa semangat, Secanggih apapun senjata yang kamu pergunakan tidak ada apa-apanya tapi dengan semangat yang membara sebatang bambu runcing bisa membuat kita meraih kemerdekaan.
“Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri” – Ir Soekarno

Semoga Bermanfaat 

Share:

1 komentar:

Ketua Umum HIMAHISYA

Popular Posts

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Recent Posts