HIMAHISYA (HIMPUNAN MAHASISWA HUKUM BISNIS SYARIAH)

 




Himpunan Mahasiswa Hukum Bisnis Syariah yang selanjutnya disebut dengan nama HIMAHISYA didirikan pada 22 Desember 2011 sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan. HIMAHISYA berkedudukan di Prodi Hukum Bisnis Syariah Jurusan ilmu Keislaman Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura.

HIMAHISYA sebagai Organisasi Kemahasiswaan Intra Kampus merupakan bagian dari Organisasi Kemahasiswaan Universitas Trunojoyo Madura yang menaungi segenap aktivitas Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura ditingkat Prodi Hukum Bisnis Syariah. HIMAHISYA selain menjadi organisasi yang bertujuan untuk mengasah dan melatih kemampuan kepemimpinan, juga sebagai wadah yang menampung segala macam bentuk aspirasi dan kreatifitas Mahasiswa dalam membangun dinamika kampus yang kondusif dan menciptakan tatanan kehidupan kampus yang demokratis, serta meningkatkan minat dan bakat Mahasiswa Hukum Bisnis Syariah baik dalam lingkup akademik maupun non akademik.

HIMAHISYA berdiri dengan tujuan untuk :

1.      Mewadahi dan mengkoordinasikan aspirasi dan bakat Mahasiswa Hukum Bisnis Syariah KM Universitas Trunojoyo  Madura

2.   Mendorong Mahasiswa Hukum Bisnis Syariah untuk menjadi penggerak dalam kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara

3.      Ikut serta menyumbangkan karya dan pikiran dalam penataan kehidupan kampus dan bangsa

4.      Mengusahakan dan memperjuangkan kesejahteraan seluruh Mahasiswa Hukum Bisnis Syariah

5.  Menciptakan dan meningkatkan kompetensi Mahasiswa Hukum Bisnis Syariah yang berintelektual agamis dan profesional

6.      Meningkatkan kualitas Mahasiswa yang peka terhadap fenomena-fenomena sosial

Keanggotaan dalam HIMAHISYA terdiri dari seluruh Mahasiswa Prodi Hukum Bisnis Syariah Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura. Sedangkan Anggota Kepengurusan HIMAHISYA terdiri dari :

1.      Anggota Muda

adalah Mahasiswa Hukum Bisnis Syariah Universitas Trunojoyo Madura yang belum atau sedang mengikuti pembinaan awal anggota HIMAHISYA di tingkatan Prodi Hukum Bisnis Syariah

2.      Anggota Biasa

adalah Mahasiswa Hukum Bisnis Syariah yang sudah mengikuti masa pembinaan anggota HIMAHISYA di tingkatan Prodi Hukum Bisnis Syariah

3.      Anggota Istimewa

adalah Mahasiswa Hukum Bisnis Syariah yang menjabat sebagai pengurus HIMAHISYA di tingkatan Prodi Hukum Bisnis Syariah

4.      Anggota Luar Biasa

adalah Demisioner Anggota Istimewa yang diangkat melalui Rapat Formatur HIMAHISYA untuk menjadi anggota luar biasa (ALB)

Struktur Organisasi HIMAHISYA terdiri dari :

1.      Ketua Umum

2.      Wakil Ketua

3.      Sekretaris Jenderal

4.      Wakil Sekretaris

5.      Bendahara Umum

6.      Wakil Bendahara

7.      Departemen :

a)      Advokasi Pengembangan Potensi Mahasiswa (APPM)

b)      Inventaris dan Sosial Mahasiswa (INSOSMA)

c)      Keagamaan

d)     Kewirausahaan (KWU)

e)      Media dan Informasi (MENFO)

Berikut adalah nama-nama yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum HIMAHISYA pada Periode 2012 sampai 2020, yaitu :

1.      Sumar Rohman (2012)

2.      Hafid  (2013)

3.      Ahmad Bidowi (2014)

4.      Junaidi Pondiyanto (2015)

5.      Moh. Rosyid (2016)

6.      Mohammad Fauzi (2017)

7.      M. Muizzul Umam (2018)

8.      Asep Heri Purwantoro (2019)

9.      Muhammad Salman HR (2020)

HIMAHISYA juga menaungi Badan Semi Otonom (BSO) yang bernama Komunitas Hukum Islam atau yang lebih dikenal dengan istilah K-HIS, diresmikan langsung oleh Koordinator  Prodi Hukum Bisnis Syariah (Bapak Moh. Hipni, S.HI., M.HI.) pada 28 Maret 2019. K-HIS adalah suatu komunitas yang berada dalam ruang lingkup Mahasiswa Hukum Bisnis Syariah yang bertujuan untuk memperdalam dan membedah pengetahuan baik secara teoritis maupun  praktek secara langsung.

Bidang kajian K-HIS telah disesuaikan dengan ranah Bidang Keilmuan Prodi Hukum Bisnis Syariah yang dilaksanakan setiap seminggu satu kali dan dilaksanakan secara bergantian setiap bidang. Terdapat 4 bidang kajian K-HIS diantaranya adalah :

1.      Bidang Peradilan Semu

2.      Bidang Debat

3.      Bidang Konsultan Hukum

4.      Bidang Fiqh Kontemporer

Selain itu, HIMAHISYA mempunyai 2 event besar yang diadakan setiap tahunnya, yakni Orientasi Mahasiswa Hukum Bisnis Syariah atau yang biasa dikenal dengan istilah ORMAHISYA, yang merupakan kegiatan pengenalan kampus dalam ranah tingkat Program Studi Hukum Bisnis Syariah, dan event besar lainnya ialah Mielad Rakyat HBS min Fadhli Rabbi atau yang lebih dikenal dengan istilah MERAK HAFARA, yang merupakan suatu perayaan hari jadi Prodi Hukum Bisnis Syariah yang selalu diadakan setiap tahunnya.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketua Umum HIMAHISYA

Popular Posts

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Recent Posts