E-BULETIN : KEBEBASAN MENURUT KACAMATA TANGGUNG JAWAB

KEBEBASAN MENURUT KACAMATA TANGGUNG JAWAB 

Oleh Itachi uciha

Sering kali kita memaknai arti kebebasan itu adalah tidak terikatnya kita kepada suatu hal, di iyakan atau tidak banyak sekali orang yang mendukung atau menentang argumen sebelum koma tadi, jika kita mengiyakan memang sejauhmana kita terikat dan jika memang tidak di iyakan sesempit apakah kata kebebasan itu sendiri ?

Keterkaitan nya kita terhadap suatu hal, akan menghasilakn sebuah konsekuensi, dimana konsekuensi ini bisa berupa kewajiban dan tanggung jawab. Dan yang saat ini kita ketahui jika kita tidak menunaikan kewajiban itu, maka akan ada konsekuensi lain yang akan datang.

Ketika kita mendefinisikan kata tanggung jawab, maka yang kita temukan adalah sebuah kesediaan kita yang menjadi dasar untuk melakukan apa yang menjadi kwajiban

Setalah kita dapatkan definisinya maka kita kembalikan lagi ke pertanyaan yang kita buat tadi, dan yang telintas di pikiran kita adalah, jika kebebasan memberikan leluasa kita berbuat sesuatu, maka manusia wajib bertanggung jawab atas apa yang kita perbuat. Terkait pertimbangan moral, baru akan mempunyai arti jika manusia tersebut mampu melaksanakan dan mau bertanggung jawab atas pulihan yang ia perbuat tadi, sederhananya begini, pertimbangan moral hanya mungkin di tunjukkan bagi orang yang mau dan mampu melaksanakan tanggung jawab tersebut. Oleh karena itu pula kita tidak pernah meminta pertanggung jawaban dari sikap orang gila, dan anak di bawah umur, sekalipun kita mengetahui menurut moralitas kita yang wajar, sikap dan perilaku orang itu tidak dapat di terima.

Jadi  simple nya setiap manusia yang menghuni bumi memiliki tanggung jawab baik dengan kemauan taupun tanpa kemauan, tanggung jawab akan terus melekat sebagaimana melekatnya nama seseorang sepanjang hidupnya, bahkan setelah meninggalpun orang akan yang tidak bertanggung jawab akan terus di kenang oleh sejarah, baik itu sebagai orang yang bertanggung jawab ataupun sebagai pecundanag. MAKA BERHATI HATILAH DALAM BERSIKAP DAN BERPERILAKU KARNA KEBEBASAN ADALAH SENJATA SEKALIGUS PEMBUNUH

Jadi bagaimana pendapatmu ?

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketua Umum HIMAHISYA

Popular Posts

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Recent Posts